SISTEM MANAJEMEN MUTU, TERBUKTI !

 

Edisi terakhir ISO 9001, ISO 9001:2015 quality management system, baru saja keluar.  Edisi ini merupakan revisi dari edisi ISO 9001 yang sebelumnya, ISO 9001:2008. Revisi dilakukan oleh ahli dari beberapa Negara yang mengikuti dan mengawasi untuk meningkatkan standar sesuai dengan kebutuhan sekarang.

ISO 9001 adalah suatu standar yang membuat syarat quality management system. ISO 9001 telah banyak membantu organisasi cara untuk selalu dapat menawarkan pada pelanggan barang dan jasa yang berkualitas baik secara konsisten. ISO 9001 juga memiliki program pendekatan proses dan sistem untuk membuat produksi lebih efisien. ISO 9001 membuat organisasi mampu beradaptasi pada arus dunia, memberikan kepuasan pada pelanggan dan lebih efisien.

 

ISO selalu direvisi setiap 5 tahun dan jika diperlukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah versi yang sebelumnya masih berguna. Masalah yang dihadapi dalam dunia bisnis selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu. ISO 9001:2015 telah dibuat untuk menghadapi iklim bisnis dunia selama beberapa tahun kedepan.

 

Sebagai contohnya, era globalisasi ini membuat banyak organisasi harus mengubah cara kerja mereka untuk dapat memberikan barang atau jasa yang berkualitas. Cara/ metode yang digunakan sudah tidak sama lagi dengan era sebelumnya. Karena era globalisasi ini organisasi tidak hanya bersaing dengan kualitas dalam negeri, namun juga kualitas dari produk-produk barang dan jasa dari luar negeri. Organisasi yang tidak dapat meningkatkan dan menjaga kualitas produknya tidak akan dapat bersaing. Akibatnya organisasi yang tidak dapat bersaing tersebut akan mungkin akan mengalami kebangkrutan.

 

Sistem manajemen kualitas adalah cara yang membuat organisasi dapat memenuhi keinginan pelanggan dan peminat lainnya. Standar ISO lain memiliki manajemen sistem yang berbeda, seperti misalnya ISO 14001 untuk manajemen lingkungan atau ISO 45001 yang akan datang untuk manajemen penjagaan kesehatan dan keselamatan kerja. ISO 9001 berdasarkan pada perbaikan atau peningkatan yang berkelanjutan. ISO 9001 dibuat sefleksibel mungkin untuk digunakan pada banyak macam organisasi yang berbeda-beda. Jadi tujuannya tidak spesifik harus kualitas atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Daripada itu, ISO 9001 lebih membantu organisasi untuk dapat menemukan tujuannya sendiri dan memperbaiki proses mereka untuk mencapai tujuan tersebut. Saat tujuan tercapai, tujuannya harus ditingkatkan untuk tujuan peningkatan berkelanjutan.

 

Manajemen kualitas yang baik dapat membawa keuntungan pada perusahaan dalam berbagai ukuran dan sektor, dari perusahaan kecil hingga perusahaan yang sangat besar. Kenyataanya, saat ISO 9001:2015 diperbaharui, salah satu perbaikannya adalah untuk membuat hal tersebut dapat diakses oleh semua macam perusahaan, termasuk organisasi yang bergerak dibidang jasa.

ISO 9001 dibuat berdasarkan 7 prinsip manajemen kualitas atau seven quality management principle. Mengikuti 7 prinsip ini akan membuat organisasi dapat secara konsisten memenuhi penilaian pelanggan. Dengan 7 prinsip ini, melaksanakan quality management system akan menjadi lebih mudah.

7 prinsip ini meliputi:

 

Customers focus

Memenuhi dan melebihi kebutuhan pelanggan adalah focus dari manajenen kualitas dan akan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang organisasi. Hal ini sangat penting bukan hanya untuk menarik perhatian tapi juga untuk menjaga kepuasan pelanggan, jadi beradaptasi dengan kebutuhan mereka di masa depan adalah kuncinya.

 

Leadership

Memiliki arah dan tujuan yang datang dari kepemimpinan yang kuat penting untuk memastikan bahwa semua orang di organisasi dapat mengetahui apa yang hendak dicapai.

 

Engagement of people

Membuat penilaian dari pelanggan dapat lebih mudah jika personil di dalam organisasi tersebut kompeten.

 

Process approach

Memahami aktivitas seperti proses yang berhubungan satu sama lain dan fungsi seperti sistem akan membantu untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan terprediksi. Memastikan semua orang mengenal aktivitas organisasi dan bagaimana mereka sesuai satu sama lain akan dengan baik memperbaiki efisiensi.

 

Improvement

Organisasi yang sukses memiliki focus pada perbaikan yang selalu meningkat. Bereaksi pada perubahan lingkungan internal dan external sangat penting jika oraganisasi ingin melanjutkan memberikan pelanggan kualitas terbaik. Ini adalah hal terpenting saat ini karena kondisi berubah sangat cepat.

 

Evidence based decision making

Memastikan keputusan berdasarkan analisa dan evaluasi data lebih seperti memproduksi hasil yang sesuai keinginan.

 

Relationship management

Mengidentifikasi kepentingan hubungan yang dimiliki dengan pihak yang tertarik seperti pemasok dan mengatur rencana untuk memanajemen mereka akan membuat organisasi memiliki kesuksesan yang berkelanjutan.

 

Dengan menerapkan ISO 9001 ini organisasi akan banyak manfaat yang dapat dicapai. Pertama, kemampuan menilai konteks keseluruhan dalam organisasi, agar organisasi dapat dengan jelas menemukan tujuan dan melihat peluang bisnis baru.

 

Kedua, organisasi bisa lebih mengutamakan pelanggan, membuat organisasi dapat menawarkan produk barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

 

Ketiga, organisasi dapat bekerja secara lebih efisien seperti semua proses dapat diluruskan dan dipahami oleh semua orang dalam organisasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, membuat pengeluaran lebih kecil.

 

Keempat, organisasi akan memenuhi syarat pemerintah dan undang-undang.

 

Kelima, organisasi dapat memasuki pasar, beberapa sektor dan klien memerlukan ISO 9001 sebelum melakukan bisnis.

 

Yang keenam, organisasi dapat mengidentifikasi dan memprediksi resiko yang kemungkinan akan dihadapi organisasi.

 

Sertifikasi diperlukan untuk menjaga agar organisasi diarahkan untuk selalu menerapkan ISO 9001. Sertifikasi ISO juga berguna untuk iklim bisnis saat ini. Beberapa perusahaan dan pemerintah melakukan kontrak membeli barang dan jasa hanya dari perusahaan yang telah tersertifikasi saja. Tentu saat ini sertifikasi ISO menunjukkan bahwa organisasi telah memiliki kualitas yang terjamin dan terjaga.

 

Dengan demikian, ISO 9001 dapat menjaga organisasi untuk meningkatkan kualitas dan menjaga kualitas produk barang atau jasa berjalan baik. Menjadikan produk barang atau jasa organisasi dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Dan tentu saja, organisasi semakin lebih efisiensi dan produktivitas yang meningkat.